Senin, 29 April 2013

Komparasi Toyota Etios Valco vs Honda Brio




Sudah menjadi takdir bahwa untuk segment hatchback dan Sedan pertarungan Toyota dan Honda akan selalu seru dan mendebarkan, bagaimana Toyota merebut Vios dan Camry dari Honda City dan Accord di era tahun 2008-2012, dan juga bagaimana Honda Jazz yang merajai small hatchback dari 2004-2011 akhirnya bisa direbut Toyota Yaris di 2012. Pertarungan belum berakhir karena karakter konsumen di Indonesia sangat mendambakan mobil yang power full, irit, bandel dan punya value for money yang tinggi. 

Bulan agustus 2012, Honda melahirkan Brio di Indonesia yang cukup berhasil menyedot perhatian dunia otomotif tanah air, bagaimana tidak, Honda Brio dipasangin mesin Honda Fit Jepang yang 1300 cc sehingga menghasilkan tenaga hingga 100 PS yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya. Sayangnya kelebihan tenaga tersebut tidak diikuti dengan kelegaan kabin dan bagasi yang memadai sehingga mungkin tidak akan sesukses kakaknya Honda All New Jazz yang terkenal dengan seat utranya yang menghasilkan kabin dan bagai super lapang.

Bagaimana Toyota ? Setelah Yaris cukup sukses menguntit Honda Jazz sekian lama, maka dengan percaya diri akhirnya Toyota Menantang Honda Brio yang sudah meluncur 6 bulan lalu.


 Dan inilah Sang Penantang ; Toyota Etios Valco



Inilah pertarungan keduanya yang mungkin akan mengikuti jejak kakak-kakaknya yang sudah lama saling mengalahkan.

SPESIFIKASI MESIN



Dilihat dari spesifikasi terlihat bahwa Honda Brio jauh mengalahkan spesifikasi mesin dari Toyota Etios Valco karena Brio menggunakan mesin dengan cc yang lebih besar. Tetapi tenaga dan torsi maksimum Honda Brio diperoleh dengan putaran mesin yang lebih tinggi dari Valco sehingga Brio terlihat galak dan Valco terkesan cool. 

Kondisi ini memang belum dibuktikan bahwa Kabin Toyota Etios Valco akan lebih senyap dibandingkan dengan Honda Brio dari sisi raungan mesin yang sampai ke kabin.

Efek lainnya adalah Honda Brio akan kalah irit dengan Toyota Etios Valco karena menggunakan cc yang lebih besar.

Honda Brio = Akselerasi, Performance (Cocok untuk kawula muda, anak kuliahan yang agresif)
Toyota Valco = Irit, Cool dan Senyap (Cocok untuk keluarga muda dengan anak maksimum 2)


PERFORMANCE-AKSELERASI

Untuk performance Honda Brio menjadi Rajanya karena mengusung mesin 1300 cc yang di Jepang adalah disematkan pada Honda Fit. Dengan bobot yang ringan dan dimensi yang kompak menjadikan akselerasi Honda Brio tidak diragukan lagi karena hanya butuh 10.5 detik untuk 0-100 km/jam.

Toyota Etios Valco memang dirancang untuk keluarga muda sehingga di Indonesia dipilih mesin 1200 cc (di Brasil menggunakan 1300 cc), karakter mesinnya memang sangat cocok untuk keluarga yang menginginkan laju kendaraan yang moderat tidak agresif seperti pada Honda Brio. Akselerasi Toyota Etios Valco hanya 14 detik untuk 0-100 km/jam.

Honda Brio = Performance galak, akselerasi kuat sehingga hanya anak muda yang sanggup menaklukkan tenaganya yang besar untuk ukuran mobil mungilnya (cocok untuk kawula muda yang agresif)
(Sayang bagi Honda Brio karena Tenaga yang besar 100PS tidak ditunjang dengan bobot kendaraan yang memadai sehingga kecepatan tinggi yang mampu diraihnya menjadi kurang nyaman)

Toyota Etios Valco = Performance moderat, putaran mesin lebih rendah sehingga sangat sesuai dengan pengendalian yang kalem, cool dan santai (cocok untuk keluarga)

Kenyataannya hanya 10% saja pengguna mobil yang mampu memacu kendaraannya secara agresif karena kondisi jalanan di Indonesia yang macet dan bervariasi. Sebagian besar pengendara mobil adalah moderat yang tidak memacu kendaraan secara agresif. Inilah celah yang akan disasar oleh Toyota dengan menghadirkan Toyota Etios Valco bermesin 1200 cc (Toyota Etios di dunia mempunyai spesifikasi beragam mulai dari 1200 cc, 1300 cc, 1500 cc dan 1400 cc diesel).



KONSUMSI BBM

Inilah hal yang menentukan sebuah mobil bakal menarik atau tidak bagi masyarakat dengan brand kuat seperti Toyota dan Honda adalah konsumsi bbm.


Untuk Toyota Etios Valco menggunakan data sumber dari berbagai pengetesan di India dengan mesin dan spesifikasi yang sama dengan Toyota Etios Valco. Keunggulan konsumsi BBM Toyota Etios Valco dibandingkan Honda Brio karena mesin yang digunakan memang lebih kecil dengan putaran mesin yang lebih rendah.


Konsumsi BBM Toyota Etios Valco rata2 18.31 km/liter


Konsumsi BBM Honda Brio rata-rata 14 km/liter full penumpang

Data tersebut belum tentu bisa diraih oleh semua pengemudi karena sangat tergantung dengan cara/methode mengemudi, jumlah stop-go sewaktu mengendarai, kondisi kontur jalanan, dan juga hambatan cuaca seperti tiupan angin dll.

ke-2nya adalah mobil dengan konsumsi yang cukup hemat dipakai di dlam perkotaan, sangat bersaing dengan konsumsi bbm dari Nissan March dan Suzuki Splash.

DIMENSI



Pada kategori pembanding "Dimensi" terlihat Toyota Etios Valco lebih unggul dibandingkan dengan Honda Brio. Sumbu roda 2460 mm milik Valco lebih panjang 115 mm dibandiing Honda Brio sehingga menambah pijakan dan pengendalaian dari sebuah kendaraan.

Dimensi Toyota Etios Valco juga lebih panjang dibandingkan milik Honda Brio sehingga membuat kabin dan bagasi Valco lebih luas dibandingkan Brio. Tetapi konsekuensinya radius putar Brio lebih pendek dibandingkan Valco.

Dimensi Etios Valco vs Brio

Untuk kapasitas Tangki : Valco yang 45 liter sanggup menempuh jarak 824 km (Jakarta-Surabaya) tanpa mengisi bbm, sedangkan Brio hanya 35 liter atau selisih 10 liter (konversi = 150-200 km perjalanan).

Kelihatannya Toyota sadar bahwa Toyota Yaris sering kalah dibandingkan dengan Honda Jazz karena Honda Jazz memiliki bagasi yang jauh lebih luas dibandingkan Yaris sehingga Toyota Etios Valco membalasnya untuk mengalahkan dimensi Honda Brio.

HARGA

Honda dari sejak dulu sudah tercatat di sebagian besar pecinta otomotif di Indonesia adalah produser mobil yang harga jualnya mahal dibandingkan kompetitornya. Lihatlah bagaimana honda Jazz berharga jauh diatas Toyota Yaris (Harga setelah diskon), Honda City jauh diatas Toyota Vios. Harga pulalah yang menenggelamkan kesuksesan Honda City dan Honda Accord atas Toyota Vios dan Toyota Camry.Apakah Honda Brio bisa bersaing dengan harga jualnya dibandingkan kompetironya ?.



Toyota Etios Valco menempatkan dirinya dibawah Honda Brio. Ini menjadi pertarungan yang sengit karena dengan harga yang lebih rendah dibandingkan Brio maka pertarungan yang terjadi antara Honda All New Jazz dan Toyota Yaris akan terulang, dimana :

Honda Brio dibeli dengan spesifikasi mesinnya yang terbaik.
Toyota Etios Valco dibeli dengan Brand Toyota yang kuat dan ketangguhan mesin khas toyota.

Kelebihan Toyota adalah menghadirkan type terendah tanpa power steering untuk masyarakat yang menginginkan kendaraan asli Toyota dengan harga terjangkau hanya 135,5 juta. Kenangan ketangguhan Toyota Starlet yang melegenda di masyarakat Indonesia bisa dirasakan pada mobil Toyota Etios Valco type J (type terendah).

Menurut Penulis baik Toyota Etios Valco maupun yaris akan berbenturan dengan harga Toyota Yaris type J sehingga konsumen akan dihadapkan dengan banyak pilihan di rentang harga 150-170 Juta. Tetapi konsumen di Indonesia yang lebih memilih kendaraan yang full spec akan menempatkan semua type tertinggi yang akan laris.

BAGASI

Inilah faktor yang menentukan apakah mobil ini layak dijadikan mobil para ibu-ibu atau keluarga untuk urusan belanja. Honda Jazz sudah sekian lama mampu mengalahkan Toyota Yaris karena bagasi yang sangat lapang (300-400 liter), Bagaimana dengan Toyota Etios Valco dan Honda Brio ?




Bagasi Etios Valco lebih luas dan lapang dibandingkan bagasi Brio sehingga untuk urusan ke mall dan pasar atau pulang kampung, Toyota Etios Valco bisa menjadi pilihan karena bisa mengangkut barang bawaan lebih leluasa dibandingkan Brio. Bagasi Toyota Etios Valco adalah 251 liter, sedangkan Brio hanya sekitar 232 liter.

GROUND CLEARANCE

Jalanan di Indonesia terutama diperumahan perkotaan selalu akan ada polisi tidur sebagai penghambat laju kendaraan sehingga aman bagi warga perumahan. Tetapi di sisi lain polisi tidur bisa menjadi musuh mobil-mobil pendek (terutama sedan) karena membuat bumper menjadi tersangkut atau nggasrot sehingga merusak penampilan mobil.

Mobil MPV sekelas Toyota Innova memiliki Ground Clearance 180 mm yang merupakan angka idela bagi MPV di Indonesia. Bagaimana dengan mobil kelas hatcback ?

Toyota Etios Valco Ground Clearance = 170 mm (Sama dengan milik Toyota All New Avanza)
Honda Brio Ground Clearance = 165 mm



Toyota Etios Valco memiki GC yang lebih tinggi dibandingkan Honda Brio sehingga GC milik Valco hampir sama dengan milik Toyota Avanza. Hal ini menandakan bahwa Toyota Etios Valco bisa dipakai juga untuk masyarakat di luar perkotaan yang membutuhkan GC tinggi.

REAR WIPER

Ini perlu dibandingkan karena sangat menggangu pada saat terjadi hujan. Heran memang ada yang kurang sreg melihat tampilan Honda Brio tanpa wiper belakang yang notabene semua hatcback Honda sebelumnya memakainya kare di Indonesia hampir setengah musim adalah musim hujan. Toyota Etios Valco menjadikan rear wiper sebagai kelengkapan standard.



Mengapa wiper belakang menjai sangat penting.....karena jalanan di Indonesia belum sepenuhnya mulus oleh asphal sehingga jika terjadi hujan, maka butiran lumpur halus akan memenuhi kaca belakang mobil sehingga lama-kelamaan menumpuk dan menghalangi pandangan driver melihat kondisi jalanan dibelakangnya.


Hal ini bisa terjadi bagi mobil tanpa rear wiper

AUDIO

Tidak sempurna sebuah mobil tanpa sistem audio yang memanjakan telinga selama dalam perjalanan, kedua mobil kelihatannya hampir berimbang dalam melengkapi kendaraannya dengan sistem audio yang memadai.


Honda Brio : Sistem audio 2DIN AM/FM, CD, aux input, USB port, Bluetooth, serta terintegrasi dengan iPod dan iPhone.


Toyota Etios Valco : Sistem Audio 2DIN, MP3, WMA, AM/FM radio, CD player, USB port.